Keterampilan Membuka Pelajaran di Kelas
Keterampilan Membuka Pelajaran di Kelas, Membuka pelajaran merupakan pemanasaan kegiatan belajar siswa.
Kegiatan membuka pelajaran biasanya memakan waktu 10 sampai 15 menit di awal kegiatan belajar. Namun demikian jika dirasakan keadaan kelas belum memungkinkan maka waktu tersebut dapat ditambahkan. Semakin efektif cara guru membuka pelajaran maka semakin cepat tercapai kondisi yang diinginkan.
Kaidah umum ketrampilan membuka pelajaran adalah dengan membawa siswa dari dunia mereka menuju kepada hal yang akan dipelajari.
Mengingat keadaan siswa yang beragam di satu kelas dengan kelas lainnya maka membuka pelajarannya juga memiliki variasinya. Namun demikian langkah besar dalam membuka pelajaran ada dua kelompok yaitu memasuki dunia siswa dan mengajak siswa kepada dunia pembelajaran. Berikut ini disajikan uraiannya :
Kaidah umum ketrampilan membuka pelajaran adalah dengan membawa siswa dari dunia mereka menuju kepada hal yang akan dipelajari.
Mengingat keadaan siswa yang beragam di satu kelas dengan kelas lainnya maka membuka pelajarannya juga memiliki variasinya. Namun demikian langkah besar dalam membuka pelajaran ada dua kelompok yaitu memasuki dunia siswa dan mengajak siswa kepada dunia pembelajaran. Berikut ini disajikan uraiannya :
Pertama, Memasuki Kehidupan Siswa
- Mengenali siswa
Langkah paling awal sebelum memulai aktivitas apapun di depan kelas adalah memperhatikan siswa yang hadir dan tidak hadir, mengecek jumlahnya dan memastikan alasan siswa yang tidak hadir pada saat pelajaran dimulai. Apabila diperlukan di awal tahun pelajaran baru ketika guru belum sepenuhnya menghafal nama siswa maka dapat memanggil namanya satu demi satu serta memanggil nama panggilannya. Namun apabila guru sudah mengenal masing-masing siswa maka cukup memberikan salam secara umum dan menanyakan alasan siswa yang tidak hadir.
- Menarik perhatian siswa
- Memperhatikan minat siswa
- Memotivasi siswa
Kedua, Mengarahkan Siswa Kepada Fokus Pelajaran
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
- Memancing respon siswa
- Menyampaikan tema, tujuan dan batas-batasnya
- Meyampaikan pokok kegiatan
Guru juga perlu manyampaikan batas-batas waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas siswa. Disamping itu juga perlu menyampaikan hal-hal apa saja yang dinilai, apakah proses pengerjaannya, hasil akhirnya, tes pengetahuannya atau gabungan dari semuanya.
Demikianlah kegiatan awal pembelajaran. Intinya guru perlu membuat situasi dan suasana kondusif agar siswa tertarik untuk belajar. Selanjutnya pada kegiatan inti pembelajaran terjadilah interaksi guru dan siswa yang lebih dinamis.
Selamat berkarya, guru inspiratif...
Silakan berkunjung :
Demikianlah kegiatan awal pembelajaran. Intinya guru perlu membuat situasi dan suasana kondusif agar siswa tertarik untuk belajar. Selanjutnya pada kegiatan inti pembelajaran terjadilah interaksi guru dan siswa yang lebih dinamis.
Selamat berkarya, guru inspiratif...
Silakan berkunjung :