Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
Keterampilan Mengelola Kegiatan Inti Pembelajaran di kelas yang akan diulas kali ini adalah penerapan strategi.
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik - Keterampilan Mengelola Kegiatan Inti Pembelajaran di kelas yang akan diulas kali ini adalah penerapan strategi. Guru dalam hal ini diibaratkan sebagaai seorang panglima perang. Dalam berperang maka tujuannya meraih kemenangan. Untuk mencapai kemenangan itu perlu dilaksanakan strategi dan teknik mengerahkan prajurit untuk mencapai sasaran.
Dalam kegiatan pembelajaran, siswa dapat diibaratkan sebagai prajurit yang dikerahkan guru untuk mencapai sasaran atau tujuan belajar. Karena kegiatan belajar itu tidak sama dengan peperangan maka strategi yang digunakan guru dalam mencapai sasaran perlu strategi yang mendidik.
Strategi pembelajaran adalah suatu rencana tindakan menyeluruh dalam kegiatan belajar mengajar. Dikatakan menyeluruh karena meliputi rencana tindakan untuk metode, teknik dan taktik dalam pembelajaran. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran akan dimulai dari langkah yang paling besar sampai hal yang detail. Hal tersebut tentu mempengaruhi pemilihan sarana, sumber belajar dan waktu yang digunakan.
Apa itu strategi pembelajaran?
Selanjutnya, bagaimana strategi pembelajaran yang mendidik?
Strategi pembelajaran yang mendidik merupakan penerapan metode, teknik, taktik, sararana, sumber dan durasi waktu belajar yang dilandasi nilai-nilai pendidikan.
Ciri-ciri guru yang telah melakukan strategi pembelajaran yang mendidik diantaranya sebagai berikut:
1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
2. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
3. Memfasilitasi kegiatan yang memuat eksplorasi
4. Memfasilitasi kegiatan elaborasi
5. Memfasilitasi kegiatan konfirmasi
6. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
7. Menguasai kegiatan kelas
8. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
Untuk menanamkan kebiasaan positif yang paling efektif adalah guru menjadikan dirinnya sebagi figur panutan. Dengan demikian tindakan, penampilan dan tutur katanya harus bisa menjadi contoh anak didiknya.
Selain mencontohkan, guru juga perlu segera memberi bimbingan, arahan agar siswa memiliki perilaku yang baik. Namun jika guru menemukan siswa berperilaku yang kurang baik maka harus dikoreksi pada saat itu juga.
9. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik menghendaki pengaturan yang komprehensif dalam kegiatan belajar. Dampaknya tentu akan berpengaruh kepada hasil belajar. Strategi yang baik berdampak hasil belajar yang baik pula.
Guru inspiratif, selamat mencoba.
Silakan kunjungi juga :