Pemanfaatan Sumber Belajar dan Media Interaktif Pembelajaran
Pemanfaatan Sumber Belajar dan Media Interaktif untuk Pembelajaran Interaksi antara siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran perlu dilakukan
Pemanfaatan Sumber Belajar dan Media Interaktif untuk Pembelajaran - Interaksi antara siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran perlu dilakukan dengan intens. Hadirnya sumber belajar dan media belajar adalah untuk meningkatkan intensitas komunikasi tersebut. Karena itu pertimbangan untuk menerapkannya perlu dilakukan dengan cermat agar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Sumber belajar adalah sumber data atau informasi untuk dipelajari. Sedangkan media pembelajaran adalah alat yang menjadi perantara penyampaian informasi kepada siswa. Dengan berkembangnya teknologi informatika perbedaan antar kmenjadi tipis. Oleh karena itu sering muncul istilah multi media, artinya media yang berfungsi ganda.
Sumber belajar
Sumber belajar yang penting berikutnya adalah buku. Dalam konteks pembelajaran yang perlu dikenali adalah adanya buku wajib dan buku pengayaan. Buku wajib merupakan buku utama yang menjadi acuan dalam kegiatan belajar. Sedangkan buku pengayaan merupakan buku pelengkap yang umumnya terdapat di perpustakaan.
Sumber belajar yang paling luas penggunaan pada masa sekarang adalah internet. Dalam kaitan dengan sumber belajar internet memiliki kemampuan menyediakan informasi yang cepat dan lengkap meskipun tidak semua informasinya dapat dipertanggungjawabkan. Karena itu diperlukan kemampuan guru untuk mengelola sumber belajar yang bersumber dari internet agar bermanfaat bagi siswa.
Media pelajaran
Media pelajaran audio digunakan karena unsur suaranya, unsur yang bisa didengar. Alatnya bisa berupa kaset, compack dist disertai dengan perlengkapan pemutarnya. Radio juga dapat digunakan untuk media audio. Media audio biasanya untuk menunjang pembelajaran kebahasaan.
Media pelajaran visual digunakan karena unsur peragaannya, unsur yang bisa dilihat. Bentuk media visual yang paling sederhana adalah bagan, chart, tabel dan sejenisnya yang ditampilkan dalam pembelajaran. Bentuk media visual yang lebih kompleks bisa berupa pengamatan model, demonstrasi alat dan pengamatan cara kerja suatu perkakas. Benda-benda langsung dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran visual seperti tanaman, buah-buahan, hewan, tanah liat juga batuan.
Media audio visual digunakan karena ada unsur suara dan peragaannya, unsur didengar dan dilihat. Media ini memiliki kemampuan untuk menyalin keadaan nyata dalam bentuk tayangan. Media audio visual atau juga disebut multimedia dapat dikemas dalam bentuk film yang tersimpan pada hardisk dan compack disk. Televisi dan multimedia sejenis yang dimuat di internet merupakan contoh-contoh media audio visual yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.
Prinsip penggunaan sumber dan media belajar
1. Sesuaikan dengan tujuan belajar
2. Untuk memacu dinamika siswa untuk belajar
3. Dapat menghasilkan pengalaman belajar yang lebih bermakna
4. Agar kegiatan belajar lebih efisien
Penggunaan sumber dan media pembelajaran yang dirancang dengan baik akan menghasilkan kualitas pembelajan yang baik. Karena itu menerapkan dengan cermat setiap sumber dan media belajar perlu selalu ditingkatkan sesaui dengan kebutuhan siswa yang makin dinamis sesuai perkembangan jaman.
Baca juga :